Selasa, 05 Mei 2009

E-Business: Past - Current - Future


Situs jual-beli barang C2C dengan menggunakan media internet di Indonesia belakangan ini mulai menanjak popularitasnya, seiring dengan makin meningkatnya pengetahuan dan kesadaran berinternet di Indonesia. Salah satu situs pelopor transaksi model ini di tanah air, adalah Bekas.com. Namun pada tugas ini, saya akan menggunakan situs Tokobagus.com sebagai model analisis untuk mengerjakan tugas ini.
PAST

Sebelum era internet, para konsumen harus berkunjung secara langsung ke toko fisik (brick) apabila ingin melihat atau membeli produk tersebut. Hal ini tentu akan menyulitkan bagi calon konsumen yang tidak memiliki waktu untuk datang, terlebih lagi bila calon pembeli berlokasi di tempat yang cukup jauh dari toko dan belum mempunyai informasi yang cukup tentang produk-produk tersebut.

CURRENT

Setelah tren mengenai situs jual-beli melalui media internet di tanah air meningkat, dengan dimotori oleh Bekas.com sebagai pionir, belakangan bermunculan berbagai situs serupa, salah satunya adalah Tokobekas.com. Melalui situs ini, masyarakat bisa melakukan transaksi jual-beli dengan melihat daftar produk-produk yang sudah disediakan. Setelah itu, di dalamnya sudah tersedia beberapa informasi yang berhubungan dengan produk tersebut, yaitu: Harga produk, tanggal pemasangan iklan, nama pengiklan, dan kontak personal yang bisa dihubungi. Pengiklan juga bisa memajang foto produknya di situs ini (sebagai informasi, situs Bekas.com saja tidak dilengkapi dengan fasilitas uploading foto produk). Untuk meminimalisir risiko-risiko penipuan, penyedia situs ini bahkan memasang fasilitas "laporkan penyalahgunaan".

Yang menarik lagi, di sini calon pembeli bisa mengadakan penawaran kepada penjual, yang mana tiap penawaran tersebut akan tercatat dan ditampilkan di bawah informasi produk, lengkap dengan tanggalnya.

FUTURE

Secara umum, saya kira semua fasilitas dan fitur yang ada di Tokobekas.com sudah cukup baik, hanya mungkin bisa ditambahkan fasilitas instant messaging antara penjual dan calon pembeli, sehingga mungkin lebih memudahkan komunikasi di antara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar