Selasa, 31 Maret 2009
Assignment Chapter 1-2: Bekas.com
Bekas.com
Bekas.com merupakan pionir situs penjualan barang melalui media internet yang cukup populer di tanah air. Situs ini pertama kali online sejak Juni 1999 dengan basis di Surabaya. Barang-barang yang diperjual-belikan di situs ini sangat beragam, mulai dari handphone, jamu, alat kesehatan, sampai mobil, dan ruko. Bahkan kategori jualan di situs ini terus dikembangkan tidak hanya produk saja tetapi juga mencakup bidang jasa, seperti: lowongan pekerjaan, kredit, konsultasi, dan sebagainya.
Isi dari web Bekas.com adalah:
1. Update news dari administrator. Berisi beberapa informasi penting terkait situs Bekas.com, mulai dari FAQ, pengumuman, polling, hingga opini pribadi administrator terhadap isu-isu yang ada di Bekas.com.
2. Detail Kategori. Berisi daftar kategori produk/jasa yang tersedia diperjual-belikan di Bekas.com, yaitu: Alat Komunikasi, Biro Jasa, Elektronik, Fashion, Internet, Keperluan Kantor, Kesehatan, Komputer, Lowongan, Makanan, Mesin, Otomotif, Pengumuman, Perbankan, Properti, Rupa-rupa, Wirausaha, dan Wisata.
3. Iklan dari para sponsor Bekas.com.
REVENUE MODEL
Revenue Model dari Bekas.com menggunakan advertising revenue model, di mana pengelola situs mendapatkan profit dari para pemasang iklan banner. Biaya pemasangan iklan ini ditetapkan per bulan. Revenue model seperti ini sama dengan free magazine, meskipun majalah itu dibagikan secara gratis tetapi pengelola majalah tersebut tetap mendapat profit dan bisa membayar biaya operasional dari hasil pemasukan iklan yang bejibun.
BUSINESS MODEL
Menggunakan konsep C2C (Consumer to Consumer) karena Bekas.com lebih seperti wadah penghubung antara people to people di mana di antara mereka mempunyai ketergantungan yang unik satu sama lain (antara menjual dan membeli). Konsep C2C ini juga serupa dengan konsep yang dimiliki e-Bay. Tidak tertutup kemungkinan business model Bekas.com juga menyasar pada B2B bila penjual dan pembelinya adalah pihak korporat.
Rekomendasi/saran:
1. Sebaiknya administrator Bekas.com memperhatikan tampilan situs secara estetis agar terlihat lebih menarik. Tentu saja visualisasi ini perlu disesuaikan agar malah tidak terlalu boros bandwith sehingga membebani kecepatan akses.
2. Seharusnya administrator Bekas.com menyediakan fasilitas upload foto produk/jasa yang ditawarkan sehingga calon pembeli dapat melihat dan mempertimbangkan baik-baik untuk membeli.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar