Selasa, 07 April 2009

Assignment 2: Start Your Own Website


1. Langkah pertama, adalah menentukan tujuan kita membuat website. Diharapkan dengan mengerti tujuan tersebut, nanti website kita akan menjadi media yang tepat untuk mencapai tujuan itu sendiri. Perlu dibedakan juga nantinya website kita tersebut akan menjadi sekadar sarana informasi saja (calon pembeli hanya bisa melihat), sarana informasi-interaktif (calon pembeli bisa berkomunikasi), atau sudah merupakan online shop (calon pembeli bisa langsung membeli secara online.

2. Langkah kedua, adalah memilih nama domain dan hosting. Untuk nama domain, sebaiknya menggunakan nama yang umum (legible, mudah dieja), semakin singkat semakin bagus (memorable), dan mewakili isi website Anda. Berikutnya adalah memilih hosting sebagai tempat Anda meletakkan file-file website Anda ke dalam server yang terhubung melalui internet.

3. Langkah terakhir, personalisasi dan kontenisasi. Saatnya Anda menentukan isi website Anda, masukkan segala informasi yang perlu, baik teks maupun foto. Buatlah desain website Anda semenarik mungkin dengan tetap memperhatikan kesesuaian tema dengan isinya dan kecepatan saat diakses calon pembeli. Biasanya software yang populer untuk membuat web design ini adalah Macromedia DreamWeaver.


3 Langkah utama untuk menciptakan website sendiri telah selesai. Ada beberapa langkah tambahan yang sebaiknya dilakukan selanjutnya:

1. Faktor keamanan. Terlebih bila website Anda merupakan online shop, maka website seharusnya menyertakan "PayPal Verified" supaya dapat mengamankan jalur finansial online pelanggan Anda. Bila website Anda hanya bersifat offline pun, terkadang bisa disusupi oleh cracker karena website dengan hosting gratisan biasanya mempunyai banyak "celah".

2. Faktor umpan balik. Sebaiknya website Anda memberikan fasilitas bagi calon pembeli untuk bertanya dengan mengirimkan pertanyaan. Tentu mereka akan merasa puas bila mereka mendapat jawaban dengan cepat dan tepat.

3. Meningkatkan traffic. Semua langkah sudah dilakukan, desain lay-out sudah dipercantik, isi sudah sangat baik, tetapi belum ada yang mengunjungi website Anda. Berarti Anda perlu melakukan sedikit promosi karena mungkin banyak yang belum mengetahui keberadaan website Anda. Lakukan kunjungan ke website-website tertentu dan berilah jejak url link menuju website Anda (hal ini sama dengan fenomena blogwalking). Carilah komunitas yang dekat dengan produk/jasa yang Anda jual, dan dekatilah mereka. Biasanya bila mereka sudah mengetahui dan menerima website Anda, mereka akan senang mengabarkannya kepada rekan-rekan yang lain dan ini adalah promosi marketing words of mouth yang bagus untuk website Anda. Bisa juga dengan mengiklankan website Anda di situs-situs yang populer atau banyak dikunjungi oleh sebagian besar target market Anda.

Biasanya untuk membuat website pribadi, para pemula dianjurkan menggunakan Microsoft Frontpage, Joomla, bahkan website berbasis blog (blogspot, wordpress, blogdetik, dsb).


Source: (Odang, David. www.belajarmembuatwebsite.com)
(www.whandi.net/index.php)
(Novianty, Zera. www.zeranovianty.blogspot.com/langkah-membuat-website.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar