Selasa, 14 April 2009

Six Strategies Decision of Permaisuri.com


Analisis: Permaisuri.com merupakan situs dari perusahaan penyedia ban dan velg mobil yang sudah dikenal berkualitas. Website dari perusahaan yang berkantor di Jl. Mahakam I No. 5, Jakarta ini menampilkan informasi-informasi yang sangat mendetail mengenai produk-produknya yang ditawarkan, fitur-fitur lengkap yang mendukung, adanya fasilitas tambahan untuk customer service, bahkan disediakan diagram statistik pengakses yang ditujukan untuk para pengiklan.

1. Strategy Channel Priorities : Bricks and clicks

Seperti yang sudah dijelaskan, Permaisuri.com merupakan sebuah situs perusahaan penyedia ban dan velg mobil yang sebenarnya merupakan penghubung antara vendor dengan customer. Tidak ada transaksi jual beli dalam weddingku.com, karena website ini hanya menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan vendor dan informasi seputar ban / velg mobil.
Untuk bagian Customer Service dapat dihubungi melalui telepon dan e-mail, bahkan disediakan 4 channel livechat messenger melalui Yahoo Messenger (saat dilakukan pengamatan ini, hanya 2 channel yang menunjukkan tanda online). Permaisuri.com dapat dikategorikan ke dalam tipe bisnis B2B sebagai intermediari.

2. Organizational Restructuring and Capabilities : Stategic Partnership

Dalam situs ini, diinformasikan bahwa Permaisuri.com bekerja sama dengan :
1. Dunia perbankan (Citibank, Bank Mandiri, UOB Buana, BII-Maybank, Lippobank) untuk membantu memudahkan pembayaran melalui fasilitas kartu kredit).

2. Sponsor pengiklan, yaitu para produsen ban dan velg mobil, seperti Michelin, Toyo, Vellano, dsb.

3. Business, Service, and Revenue Models

Seperti halnya situs-situs lain, Permaisuri.com juga menjual space iklan dalam website mereka kepada vendor yang bekerja sama maupun pihak lain yang ingin mempromosikan produk-produk mereka. Selain itu, Permaisuri.com juga menyediakan newsletter bagi para user terdaftar yang berlangganan dan juga portfolio mobil-mobil yang pernah menggunakan jasa mereka.

4. Market Place Restructuring

Menurut data diagram statistik yang disediakan pihak pengelola, Permaisuri.com dikunjungi oleh rata-rata 6010 pengunjung per hari dengan jumlah rata-rata hit per hari mencapai 204909. Sayangnya fitur yang disediakan ini ternyata bukanlah aplikasi program terpisah, tetapi hanya screenshot dalam bentuk ekstensi JPG.

5. Market & Product Development Strategy : Market Development Strategies

Para pecinta otomotif, terutama mobil pasti ingin memberikan perhatian khusus pada penampilan mobil mereka dan Permaisuri.com dapat menjawab kebutuhan khusus ini. Internet adalah media yang paling ideal untuk menyampaikan informasi secara tepat dan terfokus. Seiring dengan penggunaan internet yang kian meningkat di Indonesia, para penyuka dunia otomotif ini dapat beralih kepada media internet sebagai tempat untuk mencari segala hal yang berhubungan dengan ban / velg mobil dengan lebih cepat dan efisien. Para sponsor pun tentu merasa senang mendapatkan wadah untuk beriklan secara efektif.

6. Positioning & Differentiation Strategies : Pricing Performance Exellence dan Transactional Exellence

Dengan menawarkan berbagai promosi pembayaran melalui layanan kredit, konsumen bisa mendapatkan harga yang cukup terjangkau dan dengan fasilitas lengkap sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat juga informasi ketersediaan Promotions, News Update, What's New on Our products , Portfolio, dan Autoshow Forum.

Permaisuri.com menyasar para pecinta mobil sejati yang sangat memperhatikan penampilan dan gaya. Consumer behavior mereka bahkan seolah-olah menganggap mobil sebagai istri kedua mereka. Hal ini didukung dengan tagline: "Automobile Styling Culture".






Tidak ada komentar:

Posting Komentar